Tips Bervektoria dengan Inkscape

Tips bervektoria dengan Inkscape I

Senang semakin banyak Inkscape User, terutama di Indonesia, itu berarti semakin banyak orang menggunakan software Legal, software Open Source adalah software milik masyarakat dunia, bebas digunakan, disebarluaskan maupun didevelop.

Berikut adalah tips menggunakan Inkscape versi saya saudara-saudara :D, Tips bervektoria dengan Inkscape, sebagian dari poin-poin dibawah ini termasuk apabila kita berurusan dengan client dan bagaimana menciptakan file vector yang berkualitas dan bisa dengan sempurna dibuka di aplikasi lain juga berserta tips sehat dalam mendesain, oke langsung saja berikut saya rangkum kedalam beberapa poin:

  • Penggunaan Operating System menentukan kecepatan render objek di Inkscape, membuat objek rumit di Linux lebih cepat waktu rendernya daripada di Windows termasuk akselerasi objek, silahkan gunakan Windows ketika membuat objek sederhana saja, hal ini sudah saya ujicoba di versi 0.91.</li
  • Hindari penggunaan filter, maksimalkan gradasi. ^_^
  • Olah raga tangan, setiap hari minimal angkat barbel supaya aliran darah lancar dan gak pegel pada saat mendesain.
  • Minum Air putih, pastikan workspace kamu selalu ada 1 Mug air putih karena desainer lebih banyak duduk di kursi, sayangi ginjal kamu.
  • Cari inspirasi vektor terbaik, menghayal, tiru, rubah, curi ide, dan aplikasikan sebagai bahan latihan.
  • Shalat di Masjid tepat waktu (bagi muslim), Mata kamu juga perlu istirahat dari terangnya layar monitor, perjalanan setiap kali kamu ke Masjid akan mengolahragakan otot saraf mata dengan melihat objek jauh-dekat, pastikan mata kamu selalu sehat. Selain itu Air Wudlu akan menyegarkan wajah kamu sehingga lebih semangat dalam desain-desain berikutnya dan ide-ide cemerlang pun bermunculan.
  • Mulai bersahabat dengan “Bezier Tool”, karena ini adalah tool inti dalam software grafis berbasis vector, kuasai teknik manipulasi path dan node, pelajadi video ini https://youtu.be/xdKdLt1os7Q
  • Minimalkan jumlah “Node” atau titik, gunakan fitur “Simplify”, semakin sedikit jumlah node pada objek kamu maka semakin pendek waktu render objek.
  • Biasakan menggunakan Shortcut di Inkscape, gunakan Ctrl +D untuk menduplikat objek bukan Ctrl + C plus Ctrl + V hematlah waktu kamu dari menggunakan Menu Bar secara manual, gunakan shortcut agar lebih cepat. Download Inkscape Advance Shortcut di :http://ridjam.deviantart.com/art/Inkscape-0-91-Keyboard-Advance-Shortcuts-518481672
  • Hindari penggunaan “Pattern” jika berniat membuka file Inkscape di aplikasi lain, lebih baik membuat pattern secara manual.
  • Hindari menggunakan Stroke pada Outline
  • Hindari Mencampur Bitmap
  • Kalaupun membuat objek Teks (menggunakan Font) atau Stroke pada objek, diakhir jangan lupa ubah menjadi Path, ini adalah masalah kompatibilitas.
  • Hindari melakukan “Stroke to path” ketika objek dalam keadaan “Group”, usahakan Ungroup terlebih dahulu.
  • Periksa “Open Path”, kualitas gambar vektor di aplikasi manapun ditentukan dari tidak terdapatnya “Open Path”, jadi periksa objek vektor kamu dan jangan sampai terdapat “Open Path”.
  • Ketika menggunakan “Link” atau “Embed” dalam menggunakan gambar referensi, pastikan manajemen file secara rapih (Link), atau minimalkan jumlah gambar referensi karena file Inkscape akan membengkak (Embed).
  • Adakalanya ketika kita membuat objek baru dengan efek gradient yang sama, kita malah membuat palet warna baru sehingga berpengaruh pada akselerasi file inkscape, gunakan “Vacuum Defs” untuk menghapus file dokumen recent palet atau gunakan palet warna yang sama percis.
  • Buktikan pada dunia kalau software “Open Source” dapat membuat karya yang tidak kalah hebat dengan software proprietary.

Untuk inspirasi desain menggunakan Inkscape bisa kunjungi Page http://facebook.com/ridjamarts
Salam, Rizky Djati Munggaran 🙂
#SelamatBerkarya !!!

Tips bervektoria dengan Inkscape II

Advertisements
About

http://about.me/ridjam

Tagged with: , , , , , ,
Posted in Mindset

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Rizky Djati Munggaran

Follow Blog Rizky Djati Munggaran on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,814 other followers

%d bloggers like this: