Membajak Karya Orang Lain itu Lumrah

Beberapa waktu lalu presiden kita tercinta hendak melakukan perjanjian dengan Microsoft tapi untungnya batal!!!, saya pernah membuat postingan di facebook, dan ini adalah tulisan saya,… sayang dibuang mending direpost disini aja ^_^

Lagi, bangsa kita dijajah oleh Lisensi dan Copyright-nya Microsoft, seolah para pejuang software gratis* berbasis Open Source selama ini “Gak Ada Gunanya”, memberi motivasi melalui karya terbaik dengan harapan banyak yang mengikuti seakan “Sirna”.

Semakin ketergantungan, semakin menganggap bahwa OS (Operating System) komputer itu ya cuma Microsoft, gak ada yang laen. Dari SD, SMP, SMA sampe kuliah, otak kita didominasi produk “Berbayar”, gak dikasih “Pengertian” tentang lisensi software dan hanya sebatas bacaan saja, tidak dipahami termasuk “PENDIDIK”nya. Nginstal software klik Next-> Next-> Next-> Finish (boro-boro dibaca lisensinya).

Berakibat pada kebiasaan “Membajak Karya Orang lain” itu lumrah, ya dari dulu juga sudah terbiasa. Tapi ketika karyanya dibajak Marah, pembuat Web atau Theme WordPress Marah ketika karyanya dibajak, pembuat buku pelajaran (Dosen, Guru) Marah karena bukunya diFOTOKOPI tanpa izin, pembuat desain karakter (Desainer Grafis) Marah karyanya dicuri terus dijual orang dll. padahal orang-orang ini berkarya (buatnya) pake software hasil “tanpa izin” (bajakan).

Pembuat Web dan Penjual Theme WordPress bikinnya under Windows Bajakan, Penulis membuat buku under Microsoft Office Bajakan, Desainer grafis bikinnya under Program Graphics Editor Bajakan, kalo pake logika berfikir Sebab-Akibat harusnya jangan “Marah” tapi introspeksi diri.

Ada juga yang dikaitkan dengan keBerkahan dari uang yang dihasilkan dari pake software bajakan. Banyak cerita teman yang bertalenta karyanya bagus tapi selalu “kekurangan”, duit habis terus padahal gaji lumayan. Punya duit selalu dipake hal “yang tidak dapat diprediksi”, punya Duit malah nabrak mobil orang jadi harus ganti, punya Duit lagi malah dipake berobat karena anak sakit, punya Duit lagi malah dipake bayar Utang karena ditipu, dll. apa ini karena pake software bajakan? sehingga penghasilannya tidak berkah? Wallahu’alam, memang sangat “sulit” bicara keBerkahan (gara2 pake software bajakan) sama orang “Lemah Iman”, bagaikan menyuruh Berhenti Merokok sama Pecandu Rokok.

Microsoft memang cerdik, untuk bisa memonopoli pasar Indonesia, salah satu usahanya adalah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional, lihat semua buku pelajaran sekolah, semua materi pelajaran TIK-nya pake software berbayar (Saya dulu Guru TIK), bahkan sekarang “Menggaet” Presiden kita tercinta.

Sudah tau akibatnya? Selamat!!! lebih dari 160 ribu sekolah (SD sampai SMA) dan lebih dari 4500 Universitas “dipaksa” untuk menggunakan produk Microsoft. Alhasil ketika didunia kerja “Harus” pake software Asli/Original, otomatis harus beli lisensi, duit ngalir buat Microsoft. Siapa yang salah perjanjian ini? Microsoft? BUKAN!!! perjanjian seperti ini masih bisa dibatalkan, langsung Calling Presiden.

Yang salah disini adalah “Pemaksaan” harus pake software berbayar, tidak dikasih alternatif lain, seHARUSnya Guru/Dosen menyuruh kepada Murid/Mahasiswa:

“Tolong dibuatkan Presentasinya” bukan “Tolong dibuatkan PowerPointnya”

“Tolong dikumpulkan file dokumennya” bukan “Tolong dikumpulkan file .docx-nya”

“Tolong dikumpulkan file desain-nya” bukan “Tolong dikumpulkan file .psd dan .cdr-nya”

Murid dipaksa menggunakan software berbayar, prihatin murid/mahasiswa yang untuk beli makan aja susah, sekarang disuruh ngerjain tugas pake software berbayar semua. Apa alternatif daruratnya? ngebajak lagi, ngebajak lagi, dan tanpa sadar kita sedang membangun budaya korup (menggunakan sesuatu yang bukan hak-nya) sejak dini.

#SelamatBerkaryaPakeSoftwareLegal

Foto Asli oleh pak Onno W. Purbo yg sengaja di reupload:

Perjanjian Presiden Jokowi dan Microsoft

 Ini adalah status facebook beliau:
“Memprihatinkan baca perjanjian antara JOKOWI dengan Microsoft :(( …
Koq gak pada belajar dari Sejarah? Apa mau kita di jajah? Penjajahan sekarang tidak pakai bedil? tapi pakai lisensi & copyright 😦 ….”

Advertisements
About

http://about.me/ridjam

Tagged with: , , , , , , ,
Posted in Mindset
3 comments on “Membajak Karya Orang Lain itu Lumrah
  1. Azhar says:

    Astaghfirullah.., ana baru tau ada perjanjian seperti itu jokowi dan microsoft, itu akhirnya batal akh? perasaan dari dulu pemerintah pernah ada kewajiban pakai open source di instansi pemerintah..

    Like

  2. Muhammad Ali Akbar says:

    Saya izin share mas rizky

    Like

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Rizky Djati Munggaran

Follow Blog Rizky Djati Munggaran on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,814 other followers

%d bloggers like this: