Kondisi disaat Anda Harus Membeli Software

Rizky Djati Munggaran Purchase The Adobe Illustrator CS 6

Click to Enlarge

Alhamdulilah, beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk membeli salah satu software proprietary keluaran Adobe, yakni Adobe Illustrator. Ada beberapa alasan dan pertimbangan mengapa saya membeli software ini, salah satunya karena kebutuhan ekstensi .ai dan ekpor file eps 10 + yang tidak dapat ditangani oleh Inkscape. Pada tulisan ini saya mencoba untuk berbagi tentang beberapa alasan ketika Anda diharuskan untuk membeli sebuah software, tulisan ini didasarkan pada kacamata seorang yang terbiasa menggunakan FOSS (Free Open Source Software) seperti saya, kondisi-kondisi itu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Ekstensi yang eksklusif
Salah satu cara agar ekstensi dari sebuah file terbuka secara sempurna 100% adalah dengan menggunakan software program aplikasi khusus dari ekstensi tersebut, ketika kita mempunyai file ber-ekstensi .docx tentu akan lebih sempurna jika dibuka oleh aplikasi Microsoft Office Word. Beberapa software Free dan Open Source masih mampu membuka ekstensi file tersebut walaupun belum sempurna 100%. Namun sekiranya kesempurnaan terbuka 100% belum menjadi kebutuhan dan hambatan, dan masih dapat ditanggulangi oleh software Free atau Open Source, nampaknya kita harus berfikir ulang untuk membeli software untuk membuka file yang dimaksud. Keterbukaan file 100% hanya dibutuhkan ketika terdapat fitur khusus atau efek-efek yang terdapat dalam file tersebut yang biasanya bukanlah hal yang esensial.

2. Kebutuhan Industri
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar Industri percetakan maupun desain saat ini menggunakan software-software proprietary sebagai standar industrinya. Ketika sebuah industri memaksakan Anda harus menggunakan program aplikasi tertentu yang bersifat proprietary dan berbayar, dan tidak bisa ditangani oleh software Free maupun Open Source, maka disinilah kondisi ketika Anda diharuskan untuk membeli software.

3. Kaya akan fitur
Sudah jelas!!! bahwa perbedaan software Free dan Open Source dengan software-software Proprietary yang berbayar adalah ketersediaan fitur. Kelengkapan fitur biasanya merupakan salah satu andalan dari software berbayar. Banyaknya fitur canggih yang terdapat di software proprietary bukanlah hal yang aneh, karena para pengembang software proprietary dibayar oleh perusahaan atau vendor dalam mengembangkan fitur, sehingga penambahan fitur yang canggih dapat diciptakan dengan baik dan lebih terstruktur, berbeda halnya dengan software free khususnya open source dikembangkan oleh individu dan komunitas yang tidak dibayar alias sukarela, sehingga Anda harus mensyukuri fitur yang seadanya. Donasi merupakan salah satu sumber pemasukkan bagi pengembang software free dan open source.

4. Kemudahan
Yups,… walaupun poin ini lebih kepada kebiasaan pengguna dalam menggunakan software, tetapi jika kita pakai software proprietary yang berbayar, hal yang biasa kita rasakan adalah kemudahan ketika menggunakan fitur. Contohnya dalam kasus untuk keperluan manipulasi gambar, ketika kita ingin menghilangkan suatu objek menggunakan Adobe Photoshop, maka langkah yang kita lakukan cukup praktis karena kehadiran fitur canggih yang dapat dilakukan dengan beberapa klik. Berbeda halnya ketika kita menggunakan software free atau open source seperti GIMP misalnya, maka kita harus melakukan lebih banyak langkah untuk melakukan hal yang sama.

5 .Garansi dan Dukungan
Dengan menggunakan software proprietary yang berbayar biasanya Anda akan mendapatkan support secara penuh dari pabrikan atau vendor software, termasuk perbaikan Bugs dan dukungan lainnya seperti pemutakhiran software yang secara berkala yang dapat diunduh dengan gratis. Pengguna terjamin aman dalam menggunakan software, berbeda halnya dengan software free dan open source yang biasanya tidak terdapat garansi dari sang pembuat software, sehingga tanggung jawab ditanggung sepenuhnya oleh pengguna software ketika software itu terinstal di komputer kita.

6. Lebih familiar
Poin ini saya cantumkan karena dilihat dari banyaknya orang yang menggunakan software tertentu, sehingga seolah-olah hanya software itu saja yang ada di dunia ini. Sebagian masyarakat awal mula diperkenalkan dengan software A, maka software A lah yang hanya ada dibenak mereka, sehingga akan terlihat aneh ketika mereka diberikan software yang yang tidak biasa mereka pergunakan (alias harus yang mainstream). Tranfer data merupakan hal yang menjadi perhatian pada poin ini, semisal ketika kita pergi ke percetakan dan pihak percetakan biasanya meminta file dengan ekstensi tertentu yang tentunya ekstensi file yang familiar. Lebih familiar atau tidak, itu adalah tergantung dari “marketing” sebuah software, sehingga marketing sebuah software proprietary mungkin akan lebih militan karena memang mereka mempunyai dana dan menganggarkan seorang yang ahli
untuk memasarkan produknya.

7. Efektivitas
Keputusan untuk membeli software proprietary harus ditopang oleh alasan kuat mengapa anda harus membelinya, sekiranya semua software alternatif yang tersedia saat ini masih bisa ditangani menggunakan software Free dan Open Source kenapa harus membeli software berbayar? dan apabila tidak ada alternatif lain, maka itulah kondisi dimana Anda diharuskan memutuskan membeli software yang berbayar. Kondisi ini biasanya terjadi karena dukungan suatu industri yang memungkinkan penggunaan software tertentu lebih cepat dan akurat dalam menangani suatu persoalan dibandingkan menggunakan software yang free maupun open source. Kesesuaian hardware dengan software biasanya merupakan faktor esensial dalam poin ini.

8. Legalitas
Legalitas dalam menggunakan software sangat berhubungan erat dengan “profesionalisme” seseorang atau organisasi perusahaan yang memakai software tersebut. Jika terdapat perusahaan yang menggunakan software bajakan dalam proses kreatifnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan tersebut belum dianggap profesional walaupun masih banyak ranah penting lainnya dimana perusahaan tersebut dianggap profesional. Walaubagaimanapun persoalan legalitas sebuah software merupakan persoalan yang esensial yang seharusnya mampu ditangani dengan bijak oleh sebuah perusahaan.

9. Kebiasaan
Hal yang paling mendasar ketika kita menggunakan suatu software adalah kebiasaan, ketika Anda sudah terbiasa menggunakan salah satu software maka anda akan sulit dan butuh perjuangan untuk memahami software lain (ketika membaca postingan ini anda menggunakan software ilegal) dan Anda tidak punya waktu lagi untuk belajar software lain kemudian tersadarkan dan tercerahkan dengan postingan ini, maka disaat itulah anda harus membeli software asli. Biasanya kondisi ini berkaitan dengan masalah waktu, dimana seseorang yang sudah terbiasa menggunakan software tertentu tidak mempunyai waktu lagi untuk belajar software yang lain.

10. Kehormatan
Menghargai jerih payah orang lain dalam membuat software dengan membeli software asli merupakan salah satu sikap penghormatan terhadap suatu karya. Dengan menggunakan software yang legal, maka disitulah reputasi Anda terjaga. Ketika karya yang kita buat mendapat penghormatan karena Ide yang kita curahkan, maka kita pun harus menghormati Ide orang lain dalam membuat alat dalam bentuk software sehingga Ide brilian kita dapat tercurahkan.

11. Kesadaran
Membeli software asli di negara berkembang seperti Indonesia merupakan hal yang sering dianggap tidak penting dan sepele, karena jika dilihat dari harga lisensi yang ditawarkan oleh vendor atau pabrikan software, akan membuat seorang berfikir beribu kali untuk membeli lisensi sebuah software. Dalam pikirannya harga software yang begitu besar lebih baik digunakan untuk keperluan lain. Nah disinilah sikap patuh terhadap hukum diterapkan pada diri masing-masing, menilai apakah tindakan yang kita lakukan sudah benar atau salah, silakan nilai kepada diri Anda sendiri apakah menggunakan software ilegal dalam proses bisnis merupakan hal yang terlarang?, dalam poin ini hanya orang-orang yang mendapat petunjuk lah yang dapat sadar dan taat terhadap aturan, cmiww.

12. Mindset
Tidak sedikit individu maupun organisasi perusahaan besar yang sudah memiliki profit besar tetapi masih menggunakan software ilegal dalam proses bisnisnya, padahal mereka mampu membeli software asli yang Legal. Mindset atau pola pikir seseorang yang terbayangkan ketika membeli software adalah harganya yang mahal dan berpikiran akan rugi, uang yang dikeluarkan begitu besar, dan lingkungan tidak mendukung karena rata-rata teman atau kolega pun masih menggunakan software ilegal jadi ngapain beli software asli?, padahal seiring berjalannya waktu kita bekerja, berkarya, dan berbisnis menggunakan software itu, sedikit demi sedikit uang yang kita anggarkan atau keluarkan untuk membeli software akan terbayarkan. Disinilah kesabaran dalam menunggu proses kembalinya uang merupakan hal yang penting, pastikan mindset diawal bahwa uang yang kita keluarkan untuk membeli software akan terbayarkan melebihi harga software yang kita keluarkan, insya Allah menjadi semangat dan berkah!

13. Tanggung Jawab
Setiap perbuatan “baik” maupun yang “tidak baik” yang didasari dengan ilmu akan dipertanggungjawabkan. Apabila dalam proses bisnis perusahaan Anda masih menggunakan software ilegal, sebagai pertanggunganjawabannya di dunia adalah Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa ketika pihak berwajib (kepolisian) melakukan sidak ke perusahaan Anda.

Itulah sebagian kecil dari kondisi-kondisi atau pertimbangan-pertimbangan disaat kita diharuskan untuk membeli software. Dan sekali lagi bahwa sekiranya semua software alternatif yang tersedia saat ini masih bisa ditangani menggunakan software Free dan Open Source kenapa harus beli software berbayar? Salam.

Pepatah ridjam 4

ridjam signature

Baca juga:

Ketika membajak software sudah tidak merasa berdosa

Anggapan-anggapan salah tentang software free dan open source

Dalil-dalil tentang larangan penggunaan software bajakan

Advertisements
About

http://about.me/ridjam

Tagged with: , , , , , , ,
Posted in Mindset
6 comments on “Kondisi disaat Anda Harus Membeli Software
  1. ary says:

    berapa gan harga AI nya?
    AI berapa itu?

    Like

  2. alhafizi says:

    Mas nanya yak. Apakah dengan membeli adobe asli kita perlu membayar berkala (per tahun/ per bulan)? Terus terang dengan postingan mas ini saya tergerak untuk membeli software original. Saya ingin melepaskan belenggu keresahan ini. 🙂

    Like

    • ridjam says:

      tidak usah Mas, kecuali kalo beli Adobe Creative Cloud (CC), kalo beli yang Creative Suite (CS) gak usah bayar per bulan/tahun. 😀

      Like

      • alhafizi says:

        Makasih banyak sebelumnya mas. Nambah ya nanyanya. Hehe. Saya cari info tentang harganya agak susah yah. Kalo yang paket lengkap harganya kira kira berapa? Di sekitar jakarta (kalo mas dari jakarta) kira kira dapat diperoleh dimana mas?

        Like

      • ridjam says:

        Sama-sama Mas, paket lengkap gimana maksudnya Mas? kalo saya beli online di kiossoftware.com saya belinya Adobe Illustrator doang, tanya2 aja disana Mas CSnya baik-baik kok.

        Like

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Rizky Djati Munggaran

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow Blog Rizky Djati Munggaran on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,818 other followers

Instagram
Happy election day!!! with my sister 😊 #instagood #love #picoftheday #instadaily #beautiful #follow #igers #cute #instalike #bestoftheday #me #girl #amazing #smile #happy #fashion #instamood #fun #style #photo #hijab #pretty #selfie #election #hijabers #hijabfashion #hijabstyle #hijabi #ootd #muslimah
-Happy Ied al-Fitr 1439H- Taqobbalallahu minna wa minkum 😊 #art #artist #drawing #illustration #islam #draw #instaart #design #creative #artwork #vectorart #instagood #muslimah #drawings #instaartist #artoftheday #digitalart #cartoon #dakwahvisual #graphic #graphicdesign #myart #ramadan #visualdakwah #komikislami #hijabfashion #hijab #hijabstyle #hijabers #artistoninstagram
Have a great day everyone!!!, these are some sketches of my children's illustrations 😊 Productive Ramadan!!! Spirit!!! 😁😊😆 #art #drawing #illustration #draw #artist #instadraw #hijab #artwork #doodle #instaart #creative #concept #pencil #instagood #sketching #graphic #draws #design #artsy #artoftheday #instaartist #sketch #kids #kid #myart #sketches #photooftheday #drawings #cute
Countdown to Ramadan 😊😊😊 #art #artist #drawing #illustration #draw #instaart #design #creative #artwork #vectorart #instagood #drawings #instaartist #artoftheday #digitalart #cartoon #graphic #graphicdesign #myart #hijabfashion #hijab #hijabstyle #hijabers #artistoninstagram #muslimah #visualdakwah #dakwahvisual #kartunmuslimah #komikislami #ramadhan2018
Strawberry cheese cake, ready!!! 😋😋😋 #art #artist #drawing #illustration #artistoninstagram #draw #instaart #design #creative #artwork #insart #instagood #artsy #artgram #instaartist #artoftheday #digitalart #cartoon #drawings #girl #graphicdesign #myart #photooftheday #smile #happy #hijabfashion #hijab #hijabstyle #hijabers #artofinstagram
My artwork became a banner in the official Inkscape account and Social Linux Expo event 2018. 😊 I am very glad, thank you!!! 😆 #art #artist #drawing #illustration #painting #draw #instaart #design #creative #artwork #paint #instagood #artsy #arte #instaartist #artoftheday #digitalart #cartoon #drawings #graphic #graphicdesign #myart #photooftheday #smile #happy #face #bestoftheday #cartoons #designs #draws
%d bloggers like this: