Tips Sidang Skripsi

Wisuda ridjam

Alhamdulillah sudah 4,5 tahun semenjak saya pertama kali kuliah di kampus tercinta Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2008, tidak terasa sudah berhadapan dengan tugas terakhir sebagai mahasiswa yakni membuat skripsi sebagai syarat kelulusan menjadi sarjana pendidikan… jreng… jreng… jreng… -_-

Salah satu trik agar cepat terselesaikannya skripsi adalah fokus!, ya betul fokus! susun agenda bimbingan dengan dosen sebaik mungkin, jaga hubungan dengan dosen, rencanakan penelitian sedetail mungkin, pilih permasalahan yang menjadi passion anda dan juga jangan terlalu idealis mengerjakan skripsi ya? Ntar jadi lama juga lulusnya :D. Mengerjakan skripsi akan terasa sulit jika selama perkuliahan kita tidak cukup serius mempelajari beberapa mata kuliah yang mendukung cepatnya pengerjaan skripsi, contohnya adalah mata kuliah statistik, metode penelitian dll. Sama halnya dengan jurusan yang dipilih, oleh karena itu orang yang memilih dengan “tepat!” jurusan yang ia inginkan alias bukan “kejeblos”, maka bakal lebih enjoy berkuliah, sehingga bukan hanya memenuhi kewajiban masuk ke kelas saja tetapi belajar dengan sungguh-sungguh (pengalaman coy :D).

Sidang Skripsi ridjam

Total 19cm

Printer dan kertas adalah salah satu alat yang menjadi teman keseharian para skripsiErs sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa mengerjakan skripsi itu sebenarnya kurang ramah lingkungan, pasti banyak kertas yang menjadi korban dan terbuang, salah satu solusi agar kertas tidak terbuang percuma adalah dengan menggunakan bagian belakang kertas yang sudah di print untuk diprint kembali sebagai bahan revisi berikutnya (hemat brow :D). Mungkin jika impian dimasa depan terwujud, setor skripsi ke dosen pembimbing pake layar digital doang akan lebih ramah lingkungan :D.

Masuk ke agenda sidang skripsi, siapkan fisik supaya sehat, olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi, siapkan pakaian yang membuat anda percaya diri, biasanya sih pake jas maka siapkanlah jas terbaik :D. kalo perlu tontonlah film yang membuat anda semangat, tonton tuh drama jepang yang judulnya “Legal high”, disana diceritakan tentang seorang pengacara yang selalu memakai jas rapih yang selalu menang saat sidang di pengadilan, niscaya anda terpengaruh PD (percaya diri) berlebihan :D, jangan lupa bawa alat pengabdi moment, charge baterainya sampai penuh, persiapkan file presentasi semantap mungkin kalo perlu isi dengan animasi supaya lebih hidup dan supaya para penguji lebih terfokus pada skripsi yang ciamik dibanding orang yang menyampaikan skripsi, Eh,… 😀

Skripsi ridjam mini

Skripsi mini ukuran A5

Persiapkan skripsi mini untuk dibawa keruangan sidang, saya menggunakan kertas-kertas bekas revisi tuh supaya gak mubazir, print dengan ukuran A5 agar mudah digenggam, mudah karena memang tangan saya lebar sih….haha.. kalo yang punya tangan lebih kecil bisa juga di print dengan ukuran lebih kecil, intinya sebagai contekan pada saat dosen pembimbing ntar nanya di dalam ruangan sidang,… 😀

Sidang skripsi ridjam

Saya yang paling ganteng pojok sebelah kanan

Pada hari H sidang, setelah ganteng, wangi dan mempesona, penuh persiapan menuju peperangan dan dengan wajah sumringah sebelum masuk ruangan sidang jangan lupa telpon orang tua dan minta do’a sebelum masuk ruangan, niscaya energi akan bertambah pada saat sidang :D. Nah kalo udah full armor kayak gini kan keren menghadapi dosen penguji :D.

Alhamdulillah setelah saya selesai sidang dapat komentar menarik dari dosen penguji bahwa baru kali ini katanya presentasi ditampilkan dengan menarik, penuh warna, dan bagus, dan menyarankan untuk lanjut S2 untuk menggali lebih dalam tentang skripsi saya, seneng banget lah. Selesai digodog selama 1 jam 33 menit dan dapet 1 box makan siang gratis (padahal bayar sebelum sidang), keluar ruangan dengan wajah sumringah dan pulang ke kosan. Selesai sidang pastinya ada tugas terakhir dari dosen pembimbing yakni revisi! revisi! dan revisi! Maka selamat mengerjakan revisi!.


Karena saya orangnya baik hati, rajin menabung dan tidak sombong, maka saya bagikan nih kepada teman-teman presentasi saya, moga-moga bermanfaat bagi yang bakal sidang skripsi, semoga dapat menginspirasi. Filetypenya .odf dibuat menggunakan LibreOffice Impress.

klik gambar untuk download file!

Unduhridjam signature

Baca juga:

– Ketika membajak software sudah tidak merasa berdosa

Menjaga Kehormatan dengan Software Alternatif

Anggapan-anggapan salah tentang software free dan open source

– Dalil-dalil tentang larangan penggunaan software bajakan

About

http://about.me/ridjam

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Posted in Mindset
33 comments on “Tips Sidang Skripsi
  1. devi says:

    Sangat menginspirasi sekaaallliii makasiih atas kebaikannya membagikan presentasi yg ciamiik sekaliii ..salam kenal

    Like

  2. chiie says:

    ka keren bgt deh..
    oiya aku udah download, tp gabisa kbuka..
    gmn ya ka..

    Like

  3. Andrew Adnan says:

    mas boleh tau judul lagu pembukanya?

    Like

  4. wahhh makasih ya broo..
    ini yang gw cari2,soalnya bingung nyusun slide presentasi.
    besok kamis tnggal 22 mei 14 gw sidang bro,doain ya hhe

    Like

  5. nora says:

    wahahah tidak sombong n baik BANGET SUMPAH . makasih byk yah ats file
    nya tadi xD

    Like

  6. Emi says:

    Mas, saya mau ijin pakai layout nya boleh ya mas hehee terimakasih 🙂

    Like

  7. yoga adijaya says:

    pas h-1 baru ketemu inspirasi powerpoint buat sidang , huhu ijin download ya mas makasih :)))

    Like

  8. vita says:

    mas saya ga bs download file nya, boleh minta tolong di kirim email ke evelini.vita@gmail.com
    thanks before

    Like

  9. mas, saya izin pakai yha, terimakasih banyak smoga dapat pahala yg banyak.

    Like

  10. evaldo hernendra twinsa says:

    terimakasih mas bisa jadi referensi saya 🙂

    Like

  11. Rena says:

    mas aq udh download tp isinya agak berantakan formatnya knp ya bisa berubah gt ?

    Like

  12. elang bawana says:

    MANTAP GAN….
    doakan saya tgl 13/14 sidang :’)

    Like

  13. nunung says:

    sya udah download mas…ga bisa kebuka……..

    Like

  14. ayu diana says:

    maaf kak saya mau minta ijin memakai ppt nya kakak, tapi link utk downloadnya sdh disable, bisa diberikan link baru nya ka? trimkasih banyak maaf merepotkan dan salam kenal ..

    Like

  15. ayu diana says:

    trimakasih banyak kak matur suwun suksmaa yaa 🙂
    ijin download ya kak hehe

    Like

  16. Trimaksih gan Ilmunya,, saya Pinjam ya Besok Mau sidang semoga Lulus

    Like

  17. Hatur nuhun kang .. mohon izin ppt nya saya pinjam dulu buat sidang 😀

    Like

  18. Tak kusangka dari jurusan KTP mas, kita dari jurusan yang sama, namun beda universitas 😀
    Semoga apa yang telah Anda bagi ini bermanfaat mas. Amin

    Like

Komentari

Follow Blog Rizky Djati Munggaran on WordPress.com

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,820 other subscribers