Ustad Recomended

Quran

Selama saya tinggal di Bandung mulai dari jaman kuliah sampai sekarang, saya sering mengikuti pengajian sekadar mencharge kegalauan selama perkuliahan di kampus ataupun ketika haus akan ilmu agama, walaupun intensitas mengikuti pengajian tidak begitu sering tetapi saya mempunyai standar tersendiri ustad mana saja yang cocok dengan kerangka berfikir saya. Ceileh… ๐Ÿ˜€

Pengajaran atau penyampaian para ustad itu berbeda-beda, oleh sebab itu setiap orang pasti punya standar. Tetapi ingat juga bahwa sumber agama Islam itu hanya satu yakni Qur’an dan Sunnah, jangan terpengaruh oleh siapa yang menyampaikan nasihat agama tetapi lihatlah esensinya, selama itu dalam koridor sesuai apa yang ada didalam Qur’an dan apa yang diajarkan Rosul, maka wajib kita ikuti. Banyaknya mazhab / golongan dalam ummat islam adalah tergantung dari bagaimana metode / cara meramu / cara memasak para ustad / guru / ulama dalam menyampaikan Qur’an dan Sunnah. Analoginya seperti nasi goreng, kita semua tahu bahwa yang namanya nasi goreng itu pasti bahannya nasi kan?, tapi kok nasi goreng bisa beda-beda rasanya?, adakalanya nasi goreng si A lebih enak dari pada nasi goreng si B ataupun sebaliknya, itu karena boleh jadi cara memasaknya yang berbeda.

Ada dua tipe orang dalam belajar yakni seorang mutabi’ dan muqolid, mutabi adalah tipe orang yang mengikuti pendapat seseorang tanpa tahu alasan dan sebabnya sehingga jika gurunya mengatakan A ya A, kata gurunya mengatakan B ya B, sedangkan seorang yang mutabi’ adalah seseorang yang belajar dengan menggunakan daya kritisnya sehingga apa yang disampaikan gurunya menjadi bahan pemikiran lebih lanjut, nah dalam islam kita diajarkan untuk kritis terhadap informasi yang kita dapatkan, pastikan acuannya Qur’an dan Sunnah.

Adapun ustad rekomendasi saya dan ini adalah para ustad yang sesuai dengan pemikiran saya, anda tidak harus sama dengan pendapat saya karena intelektual orang itu pastinya berbeda-beda, yakni sebagai berikut diurut berdasarkan abjad:

Aam Amiruddin by ridjam

Aam Amiruddin

Pak Aam adalah seorang intelektual muslim yang sudah menerbitkan lebih dari 25 buku islam, berkaitan dengan fikih, tafsir, dll. Bahkan beliau sudah menerbitkan Al-Qur’an terjemah kontemporer, dimana Al-Qur’an itu gampang dipahami karena struktur katanya kekinian alias sangat berbeda dengan Al-Qur’an terjemah yang kata-katanya kadang ngejelimet karena memang ejaannya sudah jadul. Mungkin teman-teman juga sering lihat beliau, karena sering muncul juga di saluran televisi seperti di TVONE (renungan hari ini dan damai indonesiaku), RCTI (Assalamu’alaikum Ustad), SCTV (Mata Air), ANTV (Tiga Da’i) dll. kemudian beliau juga bisa kita dengar setiap hari secara on air di saluran Radio OZ bandung 103,1 FM, agenda pak Aam di radio adalah menjawab berbagai pertanyaan dari mulai telpon, email dan BBM, kemudian untuk versi off air nya beliau aktif di pengajian rutin MPI (Majelis Percikan Iman) yang digelar setiap hari minggu di Masjid Al-Murosalah Teklom Geger Kalong Bandung, beliau mengajar kajian tematis disini, suasananya lebih santai dan diwarnai humor, siapapun boleh ikut secara gratis dan tidak membatasi organisasi apapun alias pengajian umum.

Abdullah Gymnastiar

Abdullah Gymnastiar

Siapa yang tidak kenal dengan seseorang yang sering disapa dengan panggilan Aa Gym ini, walaupun intensitas kemunculannya di televisi berkurang, tetapi beliau kini lebih aktif di pesantren Daarut Tauhiid. Kita juga bisa menemui beliau di saluran radio MQ 102,7 FM Bandung. Pengajian rutin diselenggarakan di masjid Daarut Tauhiid Bandung setiap hari kamis bada isya dan selalu penuh, triknya adalah datang bada maghrib kemudian itikaf sampai isya :D. Dalam berdakwah Aa Gym terkenal dengan singkatan-singkatan nasihatnya dan juga analogi-analogi sederhananya yang sangat mudah dimengerti dan cocok untuk orang yang awam tentang Islam. Beliau lebih banyak membahas permasalahan hati /qolbu dan memanajemennya.

Ade Sajidin

Ade Sajidin

Saya mengenal pak Ade pada saat kosan saya berada di Sindang Sirna dekat kolam renang karang setra (selama kuliah kosan saya pindah-pindah), saya sangat termotivasi dengan semangat belajar beliau yang dengan membawa-bawa Al-Qur’an braile berukuran besar dan berat, tak menyurutkan semangat beliau untuk berdakwah. Beliau sangat faseh dalam menafsirkan Al-Qur’an walaupun beliau low vision, ustad yang satu ini sangat up to date mengenai berita terbaru alias mengikuti perkembangan jaman, keren lah pokoknya malahan saya yang gak update :P. Beliau dapat kita temui di Masjid An-Nur Sindang Sirna pada pengajian setiap hari Selasa bada maghrib dan juga apabila bulan puasa tiba, beliau juga suka mengisi di Masjid At-Taqwa KPAD Geger Kalong Bandung sebagai penceramah shalat tarawih.

Dadang Khaerudin

Dadang Khaerudin

Saya mengenal beliau di MPI (Majelis Percikan Iman) Masjid Al-Murosalah Telkom Geger Kalong Bandung, beliau mengisi kajian tafsir sebelum pak Aam Amiruddin tampil, pembahasan tafsirnya mudah dimengerti karena beliau selalu menganalogikan dengan keseharian, beliau juga adalah seorang penulis buku, salah satu bukunya yang sangat recomended menurut saya adalah โ€œCheck Up Shalatโ€ didalam buku ini dibahas tentang kesalahpahaman dan kekeliruan dalam shalat berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan recomended banget! :D.

Miftah Faridl

Miftah Faridl

Pak Miftah adalah seorang ketua MUI Jawa Barat dan juga dewan pembina Dompet Dhuafa jawa barat, beliau termasuk ulama senior di Bandung. Beliau sering mengisi ceramah diberbagai masjid, termasuk di Masjid Al-Murosalah Telkom, Masjid KPAD Geger Kalong, Masjid Daarut Tauhiid dan mungkin masjid-masjid lainnya yang belum saya jangkau :D. Ceramahnya seru banget lah… ๐Ÿ˜€

Saiful Islam Mubarak

Saiful Islam Mubarak

Kiyai yang satu ini adalah seorang intelektual muslim yang mengetuai pesantren MAQDIS Bandung, kemampuan dakwahnya jangan diragukan, beliau juga sangat faseh berbahasa Arab. Kiyai lulusan Universitas Al-Azhar Cairo ini dapat kita temui di pengajian rutin setiap hari Rabu bada ashar di Masjid KPAD Gegerkalong Bandung dan di Masjid Daarut Tauhiid setiap hari rabu bada maghrib, beliau juga sesekali mengisi di masjid Al-Murosalah Telkom. Beliau sering menekankan agar kita harus sering berinteraksi dengan Al-Qur’an dan tentu saja senantiasa mengikuti sunnah rosul. Apabila shalat berjamaah bersama beliau sering kali isak tangis terdengar ketika mengimami shalat fardu maupun sedang berdo’a. Suaranya sangat khas di telinga saya, beliau adalah salah satu guru yang saya kagumi.

Demikian ustad-ustad yang recomended menurut saya, tentu ustad-ustad yang saya cantumkan adalah terbatas hanya pada lingkup yang pernah saya ikuti selama berkuliah di Universitas Pendidikan Indonesia dan sekitarnya. Semoga Allah senantiasa memuliakan para Guru, Ulama, Ustad, Kiyai, dan segenap rekan-rekan yang istiqomah dalam mengibarkan bendera dakwah. Semoga kita semua saudara sesama muslim selalu setia dalam beragama Islam sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah dalam ikatan ketaqwaan kepada Allah. Amin… ^_^

ridjam signature

About

http://about.me/ridjam

Tagged with: , , , , , ,
Posted in Mindset

Komentari

Follow Blog Rizky Djati Munggaran on WordPress.com

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,820 other subscribers